Tujuan Menulis

Pada video pertama ini Pak Cah menceritakan pengalaman menulis beliau. Beliau suka menulis karena beliau suka membaca. Dan menurut beliau ada korelasi antara suka membaca dengan menulis. Awalnya beliau menulis hanya untuk dokumentasi sendiri alias tidak dipublikasikan. Tulisan beliau yang dipublikasikan pertama kali adalah tanggapan terhadap salah satu opini di sebuah koran. Dan ini menjadi motivasi bagi beliau untuk terus menulis. Sampai saat ini beliau sudah menulis 46 buku dan saat ini menunggu proses penerbitan buku yang ke 47. Pada Video pertama ini Pak Cah berbagi ilmu tentang Tujuan Menulis. Diantara tujuan menulis adalah:

1.Ideologis

Tujuan menulis yang berawal dari keyakinan hidup atau tujuan hidup yang dimilikinya. Ia ingin berbagi dengan orang lain mengenai hal ini. Misalnya, keyakinan tentang agamanya. Ia tidak berpikir tentang hal-hal praktis dan pragmatis.

2.Akademis

Tujuan menulis untuk memenuhi persyaratan kedinasan. Sebagai contoh membuat karya ilmiah, menyusun bahan ajar kuliah, persyaratan naik pangkat yang terkait dengan aturan-aturan tertentu.  Dalam hal ini tatacara penulisan diatur oleh lembaga tertentu.

3.Ekonomis

Tujuan menulis adalah untuk mendapatkan keuntungan secara langsung (honor atau royalti). Orang yang memiliki tujuan ekonomis menjadikan menulis sebagai profesi.

4.Psikologis

Salah satu yang termasuk dalam tujuan psikologis adalah katarsis yaitu penyaluran emosi baik sedih maupun gembira. Dngan menulis maka akan mampu melegakan kesedihan  atau mengoptimalkan rasa gembira.

5.Politis

Yaitu berkait dengan kepentingan politis baik praktis maupun edukasi politik.

6.Pedagogik

Tujuannya adalah mendidik oranglain, mengedukasi orang lain tentang hal-hal praktis dalam hidup maupun  informasi-informasi lainnya.

7.Medis

Yaitu tujuan yang berkaitan dengan memperoleh manfaat secara medis baik itu untuk penyembuhan  maupun pencegahan penyakit.

8.Praktis/ pragmatis

Yaitu tujuan yang beraneka ragam seperti ingin populer atau mendapat status tertentu. Termausk dalam hal ini adalah menulis yang bersifat wajib karena menjadi tugasnya. Seperti mahasiswa yang harus mengerjakan tugas.

Manfaat Menulis

Pada bagian kedua video ini menyampaikan manfaat dari menulis yang bercorak atau bersifat nilai (value) dan praktis.

1. Menulis membuat kita banyak membaca dan belajar sehingga bertambah ilmu pengetahuan.  Kalau orang menulis tetapi malas membaca maka tidak berkembang tulisannya. Tidak ada perluasan pengetahuan. Kebiasaan menulis akan menyebabkan kita terbiasa membaca.

2. Menulis membuat kita berpikir logis dan sistematis. Baik tulisan fiksi maupun non fiksi melatih kita berpikir logis dan sistematis. Sependek apapun artikelnya harus tetap logis dan sistematis, ada pendahuluan, isi dan penutup.

3. Menulis adalah cara kita untuk mengikat makna. Jika membaca adalah menangkap makna maka menulis adalah cara mengikat makna. Sehingga apa yang sudah kita baca menjadi terikat dan tidak mudah lupa.

4. Sarana katarsis. Seseorang bisa merasa lega karena sudah menulis, merasa ringan bebannya. Sehingga orang yang suka menulis terhindar dari depresi.

5. Sarana dakwah.   Ada hal yang mungkin mengalami kendala jika disampaikan secara lisan tetapi akan lebih efektif jika disampaikan melalui tulisan. Melalui tulisan maka informasi dalam disebarkan secara luas.

6. Sarana edukasi dan berbagi. Yaitu memberikan edukasi, pembelajaran, pencerahan, pengajaran dan menyebarkan hal-hal yang bermanfaat bagi orang lain.

7. Mendapatkan kepuasan mental, intelektual dan spiritual. Manfaat yang diperoleh dari pengalaman menulis ini tidak akan tergantikan oleh apapun bahkan oleh materi sebanyak apapun.

Kemanfaatan selanjutnya adalah kemanfaatan bercorak praktis. Diantaranya:

1. Dikenal publik.

2. Mendapat uang dari menulis

3. Menjadi sehat karena menulis

4. Membuka kesempatan untuk berkeliling dunia.

#KMO

#Alineaku

Tulisan ini dipublikasikan di Kelas Menulis Online ALINEAKU dan tag , , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Tujuan Menulis

  1. Ping-balik: KMO-Kemanfaatan Bercorak Praktis - Satukataku

  2. Ping-balik: Kemanfaatan Bercorak Praktis - Satukataku

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *