Sosialisasi Tulisan

Pada video ketiga ini Pak Cah membahas cara mensosialisasikan hasil karya tulis kita atau bahasa sederhananya sosialisasi tulisan. Pekerjaan seputar menulis terdiri dari tiga hal yaitu menulis, mengedit dan mensosialisasikan atau mempublikasikan. Tiga hal ini bisa juga dilakukan oleh orang yang sama atau berbeda-beda. Misal kita ingin melakukan sendiri maka kita butuh kemampuan untuk menulis, mengedit dan mensosialisasikan atau mempublikasikan. Kenapa kita perlu mempublikasikan tulisan? Karena tulisan akan memberi manfaat ketika sudah dipublikasikan. Namun saat belajar menulis tidak selalu harus dipublikasikan. Tulisan-tulisan yang tidak dipublikasikan sudah bisa mencapai kemanfaatan-kemanfaatan tertentu. Tetapi jika ingin manfaat yang lebih luas maka perlu dipublikasikan.

Namun ada kemanfaatan ketika tulisan dipublikasikan yaitu akan menantang untuk menulis kembali. Manfaat yang lain adalah mendapat kepuasan setelah tulisan dipublikasikan.

Di jaman sekarang publikasi tulisan semakin mudah, berbeda dengan jaman dahulu yang harus mengantri di meja redaksi. Hal ini dikarenakan sarana publikasi hanya melalui percetakan. Jaman sekarang media publikasi menjadi mudah karena kita sendiri yang memutuskan. Kita bisa mempublikasikan melalui teknologi yang dimiliki seperti web/ blog.

Beberapa catatan cara sosialisasi tulisan.

1. Melalui media sosial atau grup grup chating.
Media sosial atau grup jangan hanya digunakan untuk curhat tetapi untuk mensosialisasikan tulisan yang kita buat. Sisi positifnya adalah kita akan mendapat feedback secara langsung dari teman-teman dalam grup.

2. Melalui blog atau web
Jika medsos cenderung untuk sesuatu yang hiburan maka web/blog sifatnya lebih serius dibanding misal instagram atau facebook. Web atau blog cenderung berbentuk tulisan yang lebih serius. Web atau blog boleh milik sendiri atau membuat akun pada website atau portal publik semisal kompasiana.

3. Menggunakan media-media cetak
Semisal memasukkan tulisan di koran, majalah, tabloid atau jurnal-jurnal. Media-media ini sudah memiliki tim redaksi dan sifatnya kompetisi.

4. Mempublikasikan dalam bentuk buku
Yaitu membuat buku sendiri. Adapun caranya akan dibahas pada bagian tersendiri yaitu mengenai membuat buku.

Cara apapun yang dipilih untuk mempublikasikan yang terpenting adalah membuat bahan tulisan yaitu menulis, mengedit dan mempublikasikan.

#KMO
#Alineaku

Tulisan ini dipublikasikan di Kelas Menulis Online ALINEAKU dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *