Menulis dengan Emosi

Yang dimaksud dengan menulis dengan emosi adalah menulis dengan melibatkan emosi sehingga tulisan akan masuk ke hati dan lebih mengena. Menulislah dengan hati kemudian perbiaki tulisan dengan pikiran. Menulis dengan hati artinya menulis dengan emosi bisa berupa perasaan haru, bahagia, sedih, perasaan menderita, sengsara. Ketika tulisan itu produk pikiran semata maka hanya akan sampai pikiran pembaca. Tetapi ketika tulisan itu melibatkan hati maka juga akan sampai ke hati.

Ada tiga hal terkait dengan menggali agar tulisan kita menjadi tulisan yang bisa digolongkan menulis dengan hati.

  1. Bisa menuliskan berdasarkan pengalaman anda.

Pada saat menuliskan pengalaman pribadi cobalah untuk memanggil kembali perasaan yang dialami saat pengalaman itu terjadi. Ketika menulis pengalaman pribadi dengan hati maka pembaca juga akan merasakan hal yang serupa sepanjang membaca juga dengan hati (diresapi). Karena saat ini berkembang juga metode membaca secara cepat namun itu hanya menelan kata-kata bukan meresapi kata-kata.

Intinya adalah bangkitkan memori yang anda alami lalu tulislah secara langsung sesuai apa yang dirasakan. Saat merasa sedih maka tulislah meski harus dengan berurai air mata. Selain pengalaman pribadi, pengalaman orang lain bisa juga menjadi bahan tulisan.

  1. Berdasarkan minat pada hal-hal tertentu.

Tulisan berdasarkan minat atau kecenderungan terhadap hal-hal tertentu. Ketika menulis sesuatu yang disukai maka akan memotivasi untuk menggali informasi lebih dalam dengan berinteraksi dengan objek tulisan. Bisa dengan mengamati atau terlibat langsung dengan keseharian mereka.

  1. Ketika ingin menyampaikan sebuah pesan.

Pesan tertentu yang dengan pesan tersebut penulis berharap pembaca mengikuti emosi tersebut. Sebagai contoh provokasi yang bisa dilakukan dengan media. Untuk membakar emosi bisa berupa kata-kata yang dipilih, tanda baca yang digunakan atau ilustrasi yang ditampilkan sehingga orang akan terprovokasi tanpa kroscek terlebih dahulu. Tapi saat hal itu dikelola secara positif maka hal itu akan membawa manfaat yang luas. Untuk melakukan hal ini maka mulailah menulis dengan hati kemudian disempurnakan dengan pikiran.

Demikian tiga hal yang bisa dilakukan agar dapat menulis dengan emosi. Tulisan yang dibuat dengan hati maka akan mampu menggugah hati pembacanya.

#KMO

#Alineaku

Tulisan ini dipublikasikan di Kelas Menulis Online ALINEAKU dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *