Mengedit Tulisan (Editing Tulisan)

Melanjutkan materi tentang menulis berdasarkan apa yang disampaikan pada Kelas menulis Online. Pada kesempatan kali ini pak Cah menyampaikan tentang editing tulisan. Setelah selesai menulis maka sebelum dipublikasikan naskah perlu diedit terlebih dahulu. Editing pertama kali dilakukan oleh penulis. Editing penulis adalah editing terutama terkait pesan yang akan disampaikan.

Ada 7 bagian dalam proses editing:

  1. Edit Isi

Menulis berarti sedang menulis pesan kepada khalayak. Yang mengetahui pesan adalah penulis sehingga penulis harus melakukan editing tulisan agar pesan sesuai dengan tujuan. Edit tentang isi merupakan edit yang utama agar tidak terjadi bias akibat pemilihan kosakata yang tidak tepat.

  1. Edit Gaya Bahasa

Gaya bahasa banyak ragamnya. Edit gaya bahasa adalah agar terjadi keserasian atau kesesuaian. Dalam sebuah tulisan jika awalnya bergaya formal kemudian di bagian akhir bergaya tidak formal maka ini bisa menjadikan tidak nyaman bagi pembaca atau sebaliknya. Pastikan gunakan gaya bahasa yang konsisten, nyambung dan nyaman dari awal sampai akhir.

  1. Edit Kosakata

Bisa jadi ada kosakata tertentu yang berulang-ulang. Usahakan gunakan kosakata yang berbeda, tidak berulang-ulang. Atau ada kosakata tertentu yang tidak tepat penggunaannya. Misalnya terlalu banyak istilah ilmiah sementara tulisan ditujukan untuk umum.

  1. Edit Paragraf

Ada beberapa kemungkinan:
Mengedit satu paragraf apakah sudah membentuk satu kesatuan makna. Jika paragraf terlalu pendek maka bisa digabung. Atau jika terlalu panjang maka bisa dibagi menjadi beberapa paragraf agar pembaca menjadi nyaman dalam membaca. Dalam satu paragraf sebaiknya ada satu kesatuan makna.
Apakah paragraf yang satu dengan yang lain ada keserasian. Artinya antara satu paragraf dengan yang lain ada keserasian.

  1. Edit Sistematika

Jika membuat satu naskah panjang dan sudah membuat outline maka apakah sudha nyambung antara bagian satu dengan yang lain. Jadi sistematika bisa diubah setelah menulis agar tidak melompat-lompat. Pastikan sistematika nyaman bagi pembaca.

  1. Edit Tanda Baca

Kadang penggunaan tanda baca, titik, koma, tanda seru tidak diperhatikan saat menulis. Tetapi pastikan sebelum mempublish tulisan sudah diedit tanda bacanya.

  1. Editing Akhir

Baca ulang secara keseluruhan dan pastikan bahwa kita yakin tulisan sudah sempurna sesuai keterbatasan kita sebagai manusia.

Setelah semua edit telah kita lakukan maka naskah siap untuk dilakukan editing tulisan oleh tim editor dari penerbit mayor yang akan menyelesaikan edit edit teknis lainnya.

Catatan tentang mengedit bahwa mengedit itu lebih sulit daripada menulis. Menulis itu mudah karena mengalir sesuai dengan naluri yang melintas. Mengedit itu harus berpikir, sementara menulis tidak perlu berpikir. Waktu yang digunakan untuk mengedit lebih banyak daripada menulis. Namun ketika sudah terbiasa maka proses editing akan terasa menjadi lebih mudah.

Sekali lagi sebelum melakukan publikasi maka pastikan tulisan sudah diedit dengan sebaik-baiknya.

#KMO

#Alineaku

Tulisan ini dipublikasikan di Kelas Menulis Online ALINEAKU dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *