Melatih Konsistensi

melatih konsistensiPada kesempatan ini kita belajar bagaimana melatih konsistensi dalam menulis. Konsistensi ini banyak dialami oleh penulis pemula. Pada kelas menulis online terdahulu ada sekitar 30 alasan yang menghambat konsistensi menulis. Secara garis besar sebagian alasan terkait dengan manajemen diri seperti tidak bisa mengatur waktu karena sangat sibuk dan hal-hal yang bersifat domestik seperti masih memiliki anak-anak yang masih kecil yang harus banyak perhatian. Ini masalah pribadi dan harus bisa diselesaikan sendiri.

Lalu bagaimana solusi agar kita konsisten menulis dan bisa menikmatinya. Ada lima cara melatih konsistensi menulis:

  1. Milikilah waktu khusus

Setiap hari ada 24 jam waktu yang Allah berikan kepada kita. Cermati kebiasaan kita. Dari 24 jam itu digunakan untuk apa. Apakah tidak ada jeda waktu yang bisa digunakan untuk menulis. Setengah jam atau satu jam atau tergantung keluangan kita masing-masing. Kenali waktu yang paling pas untuk menulis. Tidak ada rumus baku tergantung masing-masing. Sebagai contoh pak Cah memilih waktu selepas subuh untuk menulis. Namun mungkin bagi yang lain jam-jam itu baru sibuk-sibuknya. Maka kenali waktu yang paling pas kemudian tentukan ritmenya. Selanjutnya harus berusaha konsisten dengan waktu tersebut.

  1. Milikilah tempat khusus

Saat kita sudah menetapkan waktu yang tepat untuk menulis maka langkah kedua adalah mencari tempat yang paling nyaman untuk menulis. Semisal ruang kerja, belakang rumah (tempat terbuka) atau ruang yang lainnya. Tempat khusus akan membentuk asosiasi dengan tempat etrsebut sehingga begitu lihat tempat itu akan memunculkan inspirasi untuk menulis.

  1. Milikilah sarana untuk menulis

Sarana menulis bisa beraneka ragam misal komputer, laptop, gadget, buku tulis atau rental. Namun akan lebih mudah konsisten apabila menggunakan sarana yang tetap. Milikilah sarana khusus untuk menulis agar tercipta asosiasi apabila melihat benda atau saran tersebut maka seolah-olah terpanggil untuk menulis. Jika sarana itu belum punya maka jangan sungkan untuk mengadakan sarana tersebut. Jadikan ini sebagai modal sebagaimana modal-modal usaha yang lain. Apabila nanti sudah konsisten menulis maka menggunakan sarana apapun pasti bisa. Namun untuk melatih konsistensi maka gunakan alat yang khusus.

  1. Milikilah tujuan khusus

Tujuan menulis itu banyak, namun pilihlah satu tujuan diantara tujuan-tujuan menulis tersebut. Bertanyalah pada diri sendiri kenapa harus menulis. Dengan memiliki tujuan khusus maka akan memiliki motivasi yang kuat, semkain memberi kekuatan untuk menulis.

  1. Paksakan untuk terus menulis

Setelah keempat hal tersebut dilaksanakan maka yang terakhir adalah paksakan diri untuk terus menulis. Pada waktu yang telah ditentukan, pada tempat yang telah dipilih, dengan sarana khusus dan berpegang pada tujuan khusus yang ditetapkan. Jika semua ini telah dilakukan insya Allah menulis akan menjadi semudah bernafas.

Tulisan ini dipublikasikan di Kelas Menulis Online ALINEAKU dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *