Kemanfaatan Bercorak Praktis

Pada video kedua (lanjutan dari materi pertama) Pak Cah menjelaskan kemanfaatan praktis dari menulis. Manfaat praktis dari menulis antara lain:

  1. Dikenal publik.

Para penulis menjadi terkenal karena menulis. Tetapi tidak semua menjadi terkenal tetapi minimal dikenal oleh publik. Penulis yang terkenal sudah menjadi tokoh publik yang semua orang tahu. Orang sudah tahu ketika disebut namanya.

  1. Kemanfaatan ekonomis

Salah satu kemanfaatan ekonomis adalah kita mendapat honor dari menulis atau royalti dari penerbitan buku. Kemanfaatan ini bersifat langsung artinya begitu selesai nulis, buku dicetak kita mendapat uang.

Kemanfaatan ekonomis yang tidak langsung antara lain diundang di berbagai forum dan mendapat fee dari menjadi narasumber pada forum tersebut.

  1. Menjadi sehat karena menulis

Menulis sebagai sarana terapi dari penyakit. Ada manfaat kesehatan yang diperoleh dari menulis. Hal ini didukung oleh penelitian-penelitian ilmiah bahwa menulis bisa menjadi terapi kesehatan.

  1. Membuka dan mengenal dunia.

Kita bisa berkeliling dunia melalui menulis buku. Kita bisa diundang ke negara-negara lain karena tulisan yang kita buat.

Selain manfaat praktis, dalam video ini juga menjelaskan tentang Prinsip-Prinsip Menulis. Ada tiga prinsip dalam menulis yaitu:

  1. Prinsip Kebenaran

Kita menulis yang benar, menulis sesuatu yang kita yakini kebenarannya.  Kalau kita tidak yakin maka lebih baik tidak menuliskannya. Apalagi tujuannya untuk tujuan dakwah atau ideologis yang tujuannya mempengaruhi oranglain. Belum lagi ada tanggungjawab akhirat. Kebenaran menjadi prinsip yang penting.

  1. Prinsip Kebermanfaatan

Tulisan yang kita buat harus ada manfaatnya. Jika saya menulis ini apa manfaatnya, jika saya menulis itu apa manfaatnya. Setiap kita menulis harus ada nilai kebermanfaatannya baik bagi diri sendiri atau oranglain dalam artian yang positif. Tulisan harus menginspirasi orang untuk berbuat baik.

  1. Prinsip Etis

Tulisan yang kita buat jangan sampai menyakiti orang lain atau menyinggung perasaan orang lain. Berapa banyak orang yang berurusan dengan hukum gara-gara tulisan. Oleh karena itu kita harus menghindarkan diri dari pelanggaran hukum dengan berhati-hati dalam menulis.

#KMO

#Alineaku

Tulisan ini dipublikasikan di Kelas Menulis Online ALINEAKU. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *